Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai melalui Penyelenggara Syariah menggelar acara pembinaan penyuluh agama Islam baik PNS maupun Non PNS dilingkungan Kankemenag Tanjungbalai bertempat di Aula MUI Kota Tanjungbalai,, Selasa 16 April 2019.

Kemenag Tanjungbalai Gelar Pembinaan Penyuluh Agama Islam

Hadir pada acara tersebut Kepala Bidang Penais Zakat Wakaf Kanwil Kemenag Prov. Sumut, H. Abdul Manan, MA yang juga menjadi narasumber pada kegiatan itu. Hadir pula Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I, Kepala Seksi Bimas Islam, Hamdan Harahap, S.Pd.I dan para penyuluh agama Islam.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya sekaligus membuka acara resmi mengatakan penyuluh Agama mempunyai peran yang sangat penting ditengah-tengah masyarakat untuk melakukan kegiatan bimbingan atau penyuluhan agama Islam dan pembangunan melalui bahasa agama.

Ia menambahkan, bahwa penyuluh agama Islam merupakan ujung tombak Kementerian Agama dalam melaksanakan penerangan agama Islam di tengah pesatnya dinamika perkembangan masyarakat Indonesia.

“Perannya sangat strategis dalam rangka membangun mental, moral, dan nilai ketaqwaaan umat serta turut mendorong peningkatan kualitas kehidupan umat dalam berbagai bidang baik di bidang keagamaan maupun pembangunan,” ungkap Kakankemenag.

Kakankemenag berharap melalui kegiatan pembinaan ini para penyuluh dapat menyerap segala informasi yang akan diberikan oleh para narasumber sebagai tambahan amunisi atau bekal dalam melaksanakan tugas sebagai penyuluh.

Pada kesempatan yang sama Kabid Penais Zakat Wakaf Kanwil Kemenagsu menerangkan bahwa penyuluh agama Islam juga mempunyai peran penting dalam pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan dirinya masing-masing.  

“Dengan kata lain, keberhasilan dalam bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat menunjukkan keberhasilan dalam manajemen diri sendiri,” tegasnya.’

 
Kementerian Agama Kota Tanjungbalai © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top