Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Kepala Seksi Bimas Islam, Hamdan Harahap, S.Pd.I membuka secara resmi kegiatan Musabaqah Baca Kitab (MBK) tingkat Kota Tanjungbalai tahun 2019 di Aula Kankememenag Tanjungbalai, Senin 08 April 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Buka Kegiatan Musabaqah Baca Kitab

Kasi Bimas Islam dalam laporannya mengatakan bahwa yang menjadi peserta pada kegiatan ini ialah seluruh Penghulu pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se Kota Tanjungbalai berjumlah 6 (enam) orang, sedangkan yang menjadi dewan juri adalah Ketua MUI Tanjungbalai, H. Syahron Sirait, S.Pd.I dan dari unsur ulama, Al Ustadz Hajarul Aswadi, S.Ag.

Kasi Bimas Islam menambahkan MBK ini intinya bertujuan untuk mendorong kecintaan penghulu dalam membaca literatur berbahasa Arab sehingga terjaga eksistensi di masyarakat.

Dalam arahan dan bimbingannya Al Ahyu mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Seksi Bimas Islam adalah program nasional yang secara otomatis tetap kita laksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM)  dalam rangka meningkatkan pemahaman kajian dari pendalaman ilmu-ilmu agama Islam dan dari sumber kitab-kitab bahasa Arab dalam melayani masyarakat.

“Hebatnya lagi kitab kuning, meskipun lahir jauh beberapa abad yang lalu namun keilmuan yang ada didalamnya senantiasa kompatibel dengan segala zaman termasuk dengan zaman milenial seperti saat ini,” ucapnya.

Al Ahyu berharap MBK ini meskipun pesertanya tidak banyak, namun mampu memicu dan memacu tumbuhnya gairah baru dikalangan Penghulu untuk memperdalam keilmuan klasik yang dipadu padankan dengan keilmuan saat ini serta diselaraskan dengan situasi dan kondisi saat ini.

 
Kementerian Agama Kota Tanjungbalai © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top