Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA mengatakan kepada jajaran Bimas Islam khusunya kepada Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan agar berbenah dan meningkatkan kualitas serta kompetensi diri dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kakankemenag Harapkan Kepala KUA Tingkatkan Kompetensi Diri

Hal itu disampaikan Kakankemenag Tanjungbalai dalam acara penyerahan penghargaan KUA teladan Kota Tanjungbalai serta penyerahan penghargaan bagi pemenang Musabaqah Baca Kitab (MBK) tahun 2019 yang digelar di Aula Kankemenag Tanjungbalai, Senin 15 April 2019.

Lebih lanjut Al Ahyu mengatakan bahwa Kepala KUA sebagai ujung tombak Kemenag, untuk itu di meminta agar tugas dan fungsinya di optimalkan serta juga dapat menjadi salah satu indikator peniliaian masyarakat terhadap pelayanan publik di Kementerian Agama. 

Kepada seluruh Kepala KUA Kecamatan bahwa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat harus betul-betul mengacu pada undang-undang yang berlaku sebab Kepala KUA merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag yang secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti pencatatan nikah, nikah dan rujuk, melakukan bimbingan keluarga sakinah dan bimbingan ke masjidan dan juga kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakan lainnya. 

“Untuk itu Kepala KUA perlu mendapat pencerahan yang mampu memotivasi dalam meningkatkan kinerja dan tata laksana dalam menjalankan tugas dan pelayanan,” tambahnya.

Al Ahyu mengharapkan kepada Kasi Bimas untuk melakukan pembinaan kepada seluruh jajarannya setiap tiga bulan atau tri wulan sekali agar dapat memantau perkembangan kinerja KUA khususnya Kepala KUA Kecamatan dan tata kelola kantor KUA. 

Kakankemenag mengatakan bagi Penghulu yang berhasil menang dalam lomba MBK diharapkan mampu menjadi pionir di tengah-tengah masyarakat serta dapat menguasai hukum syariat Islam dan juga dapat menguasai hukum positif negara terkait perkawinan. 

Al Ahyu juga memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada KUA yang berhasil meraih peringkat pertama pada penilaian KUA teladan tingkat Kota. Ia juga mengatakan bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari peran aktif seluruh staf yang ada di KUA baik PNS maupun Non PNS.

Ia juga mengatakan bagi KUA yang berhasil menjadi KUA teladan tingkat Kota Tanjungbalai tahun 2019 akan mewakili Kota Tanjungbalai pada penilaian KUA teladan tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara.

“Untuk itu kita harus lebih memperbaiki lagi secara detail segala aspek yang ada, baik urusan tata kelola administrasi kantor, kebersihan dalam maupun luar kantor serta hal-hal lain yang menjadi catatan,” ungkapnya.

 
Kementerian Agama Kota Tanjungbalai © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top