Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA menjadi narasumber pada acara sarasehan wawasan kebangsaan yang digelar oleh Yayasan Al Washliyah Gading Kota Tanjungbalai, Selasa (16/7).

Kakankemenag Tanjungbalai Jadi Narasumber Sarasehan Wawasan Kebangsaan

Bertempat di salah satu ruang belajar MTsS Al Washliyah Gading, acara tersebut diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari tenaga pendidik dan juga narasumber terdiri dari Ketua Yayasan Al Washliyah Gading, Kakankemenag dan perwakilan dari Polres Tanjungbalai.

Dalam kesempatan itu Kakankemenag Tanjungbalai menjelaskan bahwa wawasan kebangsaan merupakan pandangan yang menyatakan negara Indonesia merupakan satu kesatuan dipandang dari semua aspek sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia dalam mendayagunakan konstelasi Indonesia, sejarah dan kondisi sosial budaya untuk semua dorongan dan rangsangan dalam usaha mencapai perwujudan aspirasi bangsa dan tujuan nasional yang mencakup kesatuan politik, kesatuan sosial budaya, kesatuan ekonomi, kesatuan pertahanan keamanan.

Al Ahyu menambahkan wawasan kebangsaanIindonesia memberi peran bagi bangsa Indonesia untuk proaktif mengantisipasi perkembangan lingkungan stratejik dengan memberi contoh bagi bangsa lain dalam membina identitas, kemandirian dan menghadapi tantangan dari luar tanpa konfrontasi dengan meyakinkan bangsa lain bahwa eksistensi bangsa merupakan aset yang diperlukan dalam mengembangkan nilai kemanusiaan yang beradab.

Di akhir materinya Al Ahyu menyampaikan bangsa Indonesia perlu memahami secara mendalam falsafah Pancasila yang mengandung nilai-nilai dasar yang akhirnya dijadikan pedoman dalam bersikap dan bertingkah laku yang bermuara pada terbentuknya karakter bangsa.

 
Kementerian Agama Kota Tanjungbalai © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top