Memasuki bulan suci Ramadan 1440 H, Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menjalankan programnya yaitu tausiah atau ceramah 7 menit yang disampaikan oleh para penyuluh dilingkungan Kankemenag Kota Tanjungbalai setelah shalat dzuhur berjemaah, Senin 06 Mei 2019.

Selama Bulan Suci Ramadhan, Kemenag Tanjungbalai Laksanakan Tausiah Ba’da Dzuhur

Program ini juga merupakan program tahunan Kemenag Tanjungbalai dilaksanakan setiap Senin s/d Kamis selama bulan suci Ramadan. Program tausiah ini bertujuan untuk mengingat serta mengulang kembali pemahaman tentang syariat-syariat Islam.

Tausiah pertama di buka oleh Ketua POKJALUH Tahmid Hasibuan, S.Ag. Isi tausiahnya menjelaskan hikmah puasa. Dijelaskan bahwa hikmah puasa adalah mensucikan jiwa, karena dengan berpuasa manusia memilih untuk menahan diri dari hal-hal yang sebenarnya halal untuknya.

Lebih lanjut Tahmid menjelaskan hikmah puasa itu dapat melatih seseorang menjadi lebih bersyukur. Disaat kita menjalankan ibadah puasa, kita hanya makan dua kali di saat berbuka puasa dan waktu sahur. Dengan demikian, maka kita akan lebih merasa bersyukur dengan apa yang kita makan selama ini ketika kita tidak berpuasa. Oleh karena itu rasa syukur itu akan muncul pada diri seseorang tersebut .

Diakhri tausiahnya Tahmid mengajak seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai  untuk menjadikan bulan suci Ramadan menjadi momen yang tepat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan hal-hal yang postif. “Jangan hanya bulan Ramadan namun di bulan-bulan lain pun kita harus mendekatkan diri kepada Allah SWT,” imbuhnya.

 
Kementerian Agama Kota Tanjungbalai © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top