Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menggelar acara Dialog Lintas Agama Tingkat Kecamatan dalam Memelihara Kerukunan dan Keutuhan NKRI Tahun 2019 yang di buka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA di Aula Kankemenag Kota Tanjungbalai, Rabu (30/10).

Kakankemenag Tanjungbalai Buka Dialog Lintas Agama Tingkat Kecamatan

Kepala Seksi Bimas Islam, Hamdan Harahap, S.Pd.I dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatain ini diisi oleh tiga narasumber yakni, Kakankemenag Tanjungbalai, Kasat Binmas Polres Tanjungbalai, AKP Sahnur Siregar serta Dan Ramil 09/TB Kapten INF. Nuryanto.

“Kegiatain ini juga dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri dari seluruh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan, Penyuluh Agama, Ketua FKUB, Tokoh Masyarakat, para Camat, unsur pemuda serta beberapa ASN Kemenag Tanjungbalai,” lanjutnya. 

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahannya mengatakan dialog ini bertujuan untuk menyatukan pendapat dalam memelihara dan menciptakan persatuan antar agama untuk menghindari terbentuknya fanatisme ekstrim yang membahayakan keamanan antar umat beragama khususnya di Kota Tanjungbalai.

“Begitu pula seiring perkembangan informasi teknologi menuju era reformasi industri, menurut Kakankemenag para pemeluk agama supaya dapat menjaga dan menepis isu-isu hoaks yang dapat memecah belah persatuan umat, tambahnya.

Lebih lanjut Al Ahyu mengatakan bentuk nyata yang bisa dilakukan adalah dengan adanya dialog antar umat beragama yang didalamnya bukan membahas perbedaan melainkan memperbincangkan kerukunan dan perdamaian hidup bermasyarakat seperti yang kita lakukan saat ini.

Al Ahyu berharap para pemuka agama baik itu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Khonghucu harus kerja sama, sama-sama bekerja demi meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama serta memperkuat toleransi yang terjalin baik saat ini hingga nanti.

 
Kementerian Agama Kota Tanjungbalai © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top