Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Ke-74 yang diperingati pada 03 Januari 2020 mendatang, Kantor Kementrian Agama Kota Tanjungbalai bersama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menggelar gerak jalan santai kerukunan umat beragama, Minggu (15/12).

Kemenag Tanjungbalai Gelar Jalan Santai Kerukunan Umat Beragama

Peserta gerak jalan santai diikuti dari berbagai kalangan lintas agama se-Kota Tanjungbalai yakni, agama Islam, Katolik, Kristen, Budha, Hindu dan Konghucu. Adapun peserta gerak jalan santai terdiri dari ASN Kemenag, karyawan/ti Bank, para siswa-siswi, tenaga pendidik serta dari kalangan masyarakat.

Berawal dari lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Kota Tanjungbalai, para peserta akan berjalan mengikuti rute perjalan mulai dari jalan Pahlawan, jalan Sutomo, jalan Jend. Sudirman hingga berakhir di Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai.

Sebelum sesi pelepasan, Kakankemenag Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh tokoh agama serta masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam memeriahkan HAB Kemeneg Ke 74 mendatang.

Al Ahyu berharap dengan adanya gerak jalan santai ini bukan menjadi ajang sekedar berjalan-jalan akan tetapi mampu menumbuhkan rasa toleransi kepada kita antar sesama agama, menumbuhkan keharmonisan bermasyarakat serta menolak isu-isu yang memecahkan persatuan dan kesatuan.

“Hal itu menjadi tanda bahwa Kementerian Agama Kota Tanjungbalai tidak hanya sebagai simbol, namun terlibat langsung dalam upaya pembangunan masyarakat yang agamis dan toleran,” tambahnya.

Disamping itu, Walikota Tanjungbalai, H. M.Syahrial, SH, MH dalam arahannya mengatakan kegiatan yang digelar oleh Kemenag dan FKUB ini cukup baik untuk melihat sejauh mana toleransi antar agama di kota ini. “Dan alhamdulillah isu-isu yang memecahkan umat tidak terdengar hingga saat ini,” ucap Syahrial.

Sayahrial juga menambahkan kegiatan gerak jalan kerukunan ini suatu hal yang positif untuk memperkuat tali persaudaraan antar sesama agama, tidak membeda-bedakan satu dengan yang lain namun juga berbaur menjadi satu.

Tepat pada pukul 07.30 WIB, Walikota Tanjungbalai yang didampingi Kakankemenag, Ketua FKUB, Kapolres, Ketua Pengadilan Agama, Ketua MUI, Kajari dan pimpinan Bank melepas peserta gerak jalan santai kerukunan dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim”.

 
Kementerian Agama Kota Tanjungbalai © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top