Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I dan Penyelenggara Syariah, Abdullah Rahim, S.Ag membuka secara resmi seleksi Penyuluh Agama Islam Non PNS Masa Bakti 2020-2024 dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Minggu (08/12).

Kakankemenag Buka Secara Resmi Seleksi Penyuluh Agama Islam Non PNS

Acara tersebut dibuka di halaman Madrasah Aliyah Negeri Kota Tanjungbalai dengan melakukan seremonial apel pagi pembukaan pada pukul 07.30 WIB. Apel tersebut juga dihadiri oleh para penguji yang terdiri Penyuluh Agama Islam PNS Kota Tanjungbalai.

Seleksi penyuluh ini dilakukan dengan dua metode ujian yaitu ujian tertulis dan ujian wawancara. Ujian tertulis dilaksanakan di salah satu ruang kelas MAN Tanjungbalai tepatnya pada pukul 08.00 WIB s/d 09.30 WIB dan selanjutnya dilakukan ujian wawancara yang bertempat di Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai pada pukul 10.00 WIB s/d selesai.

Pada kesempatan itu, Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahannya mengatakan bahwa ujian seleksi ini dilakukan secara nasional serentak se Indonesia. “Untuk itu diharapkan para peserta yang mengikuti seleksi ini mampu menjawab soal dengan baik dan teliti,” imbuhnya.

Al Ahyu juga menambahkan tujuan seleksi ini ialah untuk merekrut para penyuluh agama Islam yang memiliki kompetensi yang baik dan berintegritas kepada bangsa dan negara. Oleh karena itu para penyuluh ini diseleksi dengan ujian yang sangat ketat yaitu ujian tertulis yang nanti akan langsung dikoreksi oleh panitia seleksi Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara.

Ditempat terpisah Penyelenggara Syariah Kemenag Tanjungbalai mengatakan ada tiga materi yang akan diujikan dalam tes wawancana, pertama tentang wawasan kebangsaan, kedua praktik membaca Al Qur’an dan praktik ibadah dan yang ketiga tentang bagaimana para peserta mampu atau tidak melaksanakan khutbah sholat jumat atau ceramah di tengah-tengah masyarakat.

Abdullah Rahim juga mengatakan waktu pelaksanaan ujian 08 Desember 2019 tetapi para peserta terus disaring selama 30 hari mulai 01 November s/d 29 November 2019. Para peserta yang mendaftar sebanyak 41orang dengan kelengkapan berkas yang baik.  

“Seleksi ini dibuka untuk umum kepada masyarakat sehingga masyarakat berhak mengikuti seleksi ini, namun yang ditetapkan sebagai penyuluh pada masa bakti 2020-2024 sebanyak 8 orang. Kami berharap kepada Allah agar penyuluh yang terpilih adalah penyuluh yang mempuni,” ungkapnya.

Pada pelaksanaan tes ujian wawancara tampak di hadiri oleh Kepala Bidang Penais Zakat Wakaf Kanwil Kemenag Prov. Sumut, H. Abdul Manan, MA.

 
Kementerian Agama Kota Tanjungbalai © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top