Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menggelar acara sidang Isbat Nikah Massal yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama Kota Tanjungbalai bertempat di Aula Kemenag Kota Tanjungbalai, Kamis (19/12). Acara ini juga merupakan salah satu agenda kegiatan Kemenag Kota Tanjungbalai dalam rangka menyambut Hari Amal Bakti Kementerian Agama Ke-74 Januari mendatang.

14 Pasang Pasutri Ikuti Sidang Isbat Nikah Massal

Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Tanjungbalai, Hamdan Harahap, S.Pd.I mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Kementerian Agama dalam hal pelayanan kepada masyarakat untuk mempermudah urusan administrasi seperti adminitrasi kependudukan, pengurusan kartu keluarga, akta kelahiran anak dan itu semua dibutuhkan buku nikah yang sah secara hukum  Islam dan Undang-Undang Perkawinan.

Ketua Pengadilan Agama Tanjungbalai, Eldi Harponi, S.Ag, MH dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kali pertama pihak Kemenag dengan Pengadilan Agama menggelar acara ini. “Untuk itu, pada tahun 2020, kami akan melakukan isbat nikah massal di Kantor KUA Kecamatan saja dengan sistem tiga bulan dua Kecamatan secara berkala dengan satu syarat bahwa satu kecamatan harus memiliki lebih dari sepuluh perkara,” ucapnya.

Eldi Harponi juga menambahkan dilakukannya program tersebut untuk memberikan akses yang seluas-luasnya masyarakat karena menurut laporan dari Dinas Dukcapil masih banyak masyarakat di Kota Tanjungbalai yang belum tercatat pernikahannya secara sah.

Semantara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA mengapresiasi kerja para Kepala KUA Kecamatan karena kegiatan ini hanya dirancang kurang lebih satu minggu. Untuk itu Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak terkait yang telah bisa melaksanakan kegiatan ini.

Diakhir sambutannya Ia berharap agar ditahun 2020 mendatang pihak Kemenag dan Pengadilan terus bersinergi memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat guna mewujdkan kehidupan rumah tangga yang harmonis dan berkualitas.

 
Kementerian Agama Kota Tanjungbalai © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top