Acara Ngobrol Pendidikan Islam atau yang disebut dengan istilah “NGOPI” yang diselenggarakan oleh 4 (empat) Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota yakni, Kemenag Kota Tebing Tinggi, Kemenag Kabupaten Batubara, Kemenag Kabuten Asahan dan Kemenag Kota Tanjungbalai berjalan dengan sukses dan lancar, Rabu (18/12).

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Acara NGOPI di Kabupaten Batubara

Acara yang dipusatkan di Kabupaten Batubara tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, H. Iwan Zulhami, SH, M.AP beserta rombongan, Bupati Kabupaten Batubara Ir. H. Zahir, M.AP, Kakankemenag Kota Tebing Tinggi, Julsukri Mangandar Limbong, M.M, Kakankemenag Kabupaten Batubara, H. Ahmad Sofian, MA, Kakankemenag Kabupaten Asahan, Dr. H. Hayatsyah, M.Pd dan Kakankemenag Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA.

NGOPI ini mengambil tema “Menangkal Paham Radikalisme Dalam Menjaga Kebersamaan Umat Beragama Dengan Moderasi Beragama”. Suasana dialog dalam kegiatan NGOPI ini pun berlangsung dengan rasa nyaman dan santai karena seluruh peserta dengan narasumber dapat berdialog dengan penuh keakraban namun tetap fokus pada permasalahan, sehingga setiap persoalan yang disampaikan dapat ditanggapi dengan baik. 

Kakanwil Kemenag Sumut dalam arahannya mengatakan bahwa acara NGOPI ini bukan sekedar acara ngobrol-ngobrol biasa melainkan untuk mencari inovasi baru dalam perkembangan mutu dunia pendidikan khususnya pendidikan Islam yang ada di Sumatera Utara.

Iwan Zulhami menambahkan para guru agama haruslah profesional dan mampu mengusai ilmu agama dengan baik serta memiliki pengetahuan yang cukup tentang ilmu agama. “Saya kira kurang pas kalau ada guru agama tetapi dia sendiri tidak memahami ilmu agama, ini bisa menjadi musibah bagi madrasah/sekolah,” ujar Kakanwil.

“Untuk itu kegiatan NGOPI ini bertujuan menepis segala persoalan-persoalan yang ditemui saat ini melalui dialog dengan para narasumber yang nantinya dapat menciptakan ruang lingkup yang nyaman dan aman bagi madrasah, guru maupun murid untuk menuju madrasah hebat bermartabat,” lanjutnya.

Kakanwil Kemenag Sumut juga mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh rombongan yang hadir serta mengapresiasi kerja para panitia pelaksana yang telah merancang acara ini dengan baik mulai dari senam pagi, olahraga bersama, NGOPI hingga acara tambahan lainnya.

 
Kementerian Agama Kota Tanjungbalai © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top