Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Fakhri membuka secara resmi acara pembinaan pegawai Kemenag Tanjungbalai mengenai kesadaran hukum dengan Polres Tanjungbalai di Aula Kemenag Kota Tanjungbalai, Senin 04 Desember 2017.

Kemenag Tanjungbalai Adakan Pembinaan Pegawai Tentang Kesadaran Hukum

Acara pembinaan tersebut di hadiri Kepala Seksi, Kepala KUA Kecamatan, Kepala Madrasah, Pengawas, Penyuluh Agama Islam, Kristen dan Katholik serta beberapa karyawan/ti Kemenag Tanjungbalai. Adapun narasumber pada acara itu Kanit I Reskrim Polres Tanjungbalai, Abdul Syahril Situmorang.

Plt. Kakankemenag Tanjungbalai pada arahan dan bimbingannya mengatakan bahwa kita selaku Aparatur Sipil Negara wajid mengetahui hukum dan sadar hukum karena kesadaran hukum dengan hukum itu mempunyai kaitan yang sangat erat sekali.

Kesadaran hukum merupakan faktor dalam penemuan hukum bahkan dapat dikatakan bahwa segala hukum adalah kesadaran hukum.

Abdul Syahril Situmorang menerangkan kesadaran hukum adalah kesadaran yang ada pada setiap manusia tentang apa hukum itu atau apa seharusnya hukum itu. Suatu kategori tertentu dari hidup kejiwaan kita dengan mana kita membedakan antara hukum dan tidak hukum, antara yang seyogyanya dilakukan dan tidak seyogyanya dilakukan. 

“Kita semua wajib berperan dan berpartisipasi tentang kesadaran hukum ditengah-tengah masyarakat dalam kehidupan kita sehari-hari khususnya di Kota Tanjungbalai dengan cara membangun dialog, sarana pendidikan serta meningkatkan hukum di tengah-tengah masyarakat,” kata Kanit I Reskrim Polres Tanjungbalai.

Abdul Syahril Situmorang mengajak marilah kita peduli terhadap lingkungan sekitar terutama keluarga kita sendiri, apabila kita menemukan sesuatu perbuatan yang melawan hukum hendaklah kita menegur dengan sopan santun agar kebiasaan yang tidak baik tidak menjadi suatu hal yg biasa ditengah-tengah masyarakat. Sikap moral yang baik harus kita tanamkan sejak dini agar generasi penerus bangsa mempunyai akhlak yang mulia.

 
Kementerian Agama Kota Tanjungbalai © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top