Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA meresmikan Pondok Tahfidz Qur’an As-Safri MAN Tanjungbalai yang beralokasikan di halaman MAN Kota Tanjungbalai jalan M. Abbas Kelurahan Pantai Burung Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Senin (16/9).

Kakankemenag Resmikan Pondok Tahfidz Qur’an As-Safri MAN Tanjungbalai

Acara yang juga dirangkai dengan Gebyar 1 Muharram 1441 Hijriyah dan Market Day atau Bazar Kuliner turut dihadiri Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Ahmad Zais, S.Ag, Pengawas Madrasah, Pengurus Komite, Kepala MAN sepembinaan dan seluruh siswa-siswi MAN Tanjungbalai.

Kepala MAN Tanjungbalai, Khoirul Amri Hasibuan, M.Pd mengatakan bahwa peresmian pondok tahfidz Qur’an ini dalam upaya menjawab seruan Kakanwil Kemenag Sumut yang mengatakan bahwa setiap Madrasah harus memiliki pondok tahfidz Qur’an sebagai salah satu wadah dalam membina siswa-siswi menuju generasi Qur’ani yang cerdas, tangguh, cinta akan Al-Qur’an serta berakhlatul karimah.

Khoirul Amri juga mengatakan pondok tahfidz Quran ini juga bisa diperuntukkan bukan hanya bagi siswa-siswi MAN melainkan masyarakat sekitar juga dapat menggunakannya. “Masyarakat yang berkenan menggunakan pondok tahfidz Quran ini bisa digunakan pada malam hari setiap 3x dalam seminggu sesuai jadwal yang sudah ditentukan,”imbuhnya.

Khoirul Amri menekankan bahwa dengan diresmikannya pondok tahfidz Quran ini, MAN Tanjungbalai akan menyaring qori dan qoriah untuk menjawab tantangan dari Kakanwil Kemenag Sumut yang insyaallah akhir tahun ini akan dilaksanakan MTQ tingkat Madrasah se Sumatera Utara.

“Dalam upaya ini juga MAN Tanjungbalai akan segera membuat suatu event lomba antar siswa yang diantaranya, lomba tilawah, lomba tahfidz juz 30, lomba khatib dan lomab syahril demi mematangkan dan mematenkan semangat siswa-siswi MAN yang akan berkompetisi serta dapat meraih posisi pertama pada setiap cabang,” ucap Khoirul Amri.  

Menangapi hal tersebut, Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahannya dan bimbingannya mengatakan bahwa ia mendukung penuh program-program yang direncakan oleh Kepala MAN untuk mendongkrak semangat para siswa dalam upaya memajukan MAN Tanjungbalai pada setiap ajang kompetisi.

Kakankemenag Tanjungbalai juga menambahkan bahwa ada beberapa madrasah yang telah berhasil memasarkan produk-produk buatan dari tangan para siswanya. Disini saya melihat bahwa acara ini menampilkan bazar kuliner. Itu cukup baik karena kita dapat melihat keterampilan para siswa bukan hanya sebagai pelajar namun mempunyai jiwa enterpreneurship dan juga ini dapat menjadi suatu project besar bagi kita untuk memasarkan produk baik dari karya seni maupun dari kuliner dengan daya jual yang cukup baik.

Al Ahyu meminta kepada Kepala MAN agar mempertahankan program ini supaya MAN Tanjungbalai dapat sejajar dengan madrasah-madrasah hebat lainnya.

Diakhir arahannya Al Ahyu mengapresiasi kerja keras seluruh jajaran MAN Tanjungbalai dan juga siswa-siswi MAN Tanjungbalai atas terselenggaranya acara ini dengan baik dan juga bermanfaat bagi siswa-siswi. 

 
Kementerian Agama Kota Tanjungbalai © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top