Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai memperingati Hari Lahir Pancasila dengan melaksanakan upacara bendera yang dilaksanakan di halaman depan Kantor Kemenag Kota Tanjungbalai, Sabtu 01 Juni 2019.

Kemenag Tanjungbalai Peringati Hari Lahir Pancasila

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Ahmad Zais,S.Ag dan Komandan Upacara Mulyadi serta diikuti oleh seluruh Kepala Seksi, Kepala Madrasah, Kepala KUA Kecamatan, Pengawas, Penyuluh Agama dan ASN Kemenag juga beberapa tenaga pendidik. Upacara berlangsung dengan khitmad dan tenang.

Dalam upacara itu teks Pancasila turut dibacakan. Teks Pancasila dibacakan oleh Inpektur Upacara. Dilanjutkan pembacaan teks pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh petugas.

H. Ahmad Zais membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Hariyono mengatakan bahwa pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugrah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” lanjut Irup dalam membacakan sambutan.

Hariyono juga menambahkan sebagai negara bangsa yang inklusif dan tidak chauvinis diperlukan pengelolaan unit kultural dan unit politik secara dialektis. Maksudnya keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun “Tamansari Kebudayaan” yang memungkinkan semua makhluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat.

Diakhir sambutannya Hariyono berharap melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.

 
Kementerian Agama Kota Tanjungbalai © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top